tag:blogger.com,1999:blog-763345413510699442024-03-08T00:30:39.585-08:00silabusAnonymoushttp://www.blogger.com/profile/07779660144932987078noreply@blogger.comBlogger6125tag:blogger.com,1999:blog-76334541351069944.post-30775683394252557982012-10-07T06:56:00.001-07:002012-10-07T06:56:33.757-07:00Sistem Informasi Geografis<br />
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>silabus</b></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>1. Identitas mata kuliah</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Mata Kuliah : Sistem Informasi Geografis</div>
<div style="text-align: justify;">
Kode : GG 417</div>
<div style="text-align: justify;">
Jumlah sks : 4 sks</div>
<div style="text-align: justify;">
Semester : 6</div>
<div style="text-align: justify;">
Kelompok mata kuliah : MKK Program studi</div>
<div style="text-align: justify;">
Jurusan : Pendidikan Geografi</div>
<div style="text-align: justify;">
Status mata kuliah : Mata kuliah lanjut</div>
<div style="text-align: justify;">
Prasyarat : Lulus Mata Kuliah Kartografi,</div>
<div style="text-align: justify;">
Pengideraan Jauh, dan mata kuliah dasar</div>
<div style="text-align: justify;">
Geografi.</div>
<div style="text-align: justify;">
Dosen : Drs. Dede Sugandi,M.Si./1143</div>
<div style="text-align: justify;">
Nanin Trianawati Sugito, ST, MT</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>2. Tujuan</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep-konsep SIG serta memiliki keterampilan dalam implementasi dan aplikasi-aplikasinya, sehingga mahasiswa dapat menggunakan dan menganalisis data dalam sebuah bentuk (model) representasi miniatur permukaan bumi untuk dimanipulasi, dimodelkan, atau dianalisis, baik secara tekstual, spasial, maupun kombinasinya hingga sesuai kebutuhannya.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>3. Deskripsi isi</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjut bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi S1 yang mengkaji tentang perkembangan, komponen, unsur-unsur esensial, struktur data, penginderaan jauh dan SIG, pembuatan peta digital (teori dan praktek), pemasukan data non grafis/atribut, pengolahan database (teori dan praktek) dan beberapa pplikasi SIG dalam kajian geografi. Matakuliah SIG terdiri atas teori dan praktikum. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, penugasan, dan praktikum. Tugas terdiri atas penelusuran literatur dan penyusunan makalah. Praktikum SIG terdiri atas praktikum pembuatan peta digital dan pengolahan database. </div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>4. Pendekatan Pembelajaran</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Perkuliahan ini menggunakan pendekatan ekspositori, inkuiri, dan praktek.</div>
<div style="text-align: justify;">
a. Metode : ceramah, tanya jawab, diskusi, dan praktek.</div>
<div style="text-align: justify;">
b. Tugas : laporan literatur & makalah, dan praktikum.</div>
<div style="text-align: justify;">
c. Media : LCD, OHP, komputer, sofware SIG.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>5. Evaluasi</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Untuk menentukan tingkat keberhasilan siswa digunakan evaluasi sebagai berikut:</div>
<div style="text-align: justify;">
a. Partisipasi di kelas dan laboratorium</div>
<div style="text-align: justify;">
b. Tugas</div>
<div style="text-align: justify;">
c. UTS dan UAS</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>6. Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 1 : Membahas silabus perkuliahan dan tata tertib perkuliahan.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pada pertemuan ini dibahas pula tujuan, ruang lingkup, prosedur perkuliahan, penjelasan tentang tugas, ujian yang harus diikuti, jenis soal dan sumber-sumber.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 2 : Geografi dan Sistem Informasi</div>
<div style="text-align: justify;">
a. Definisi</div>
<div style="text-align: justify;">
b. Latar Belakang berkembangnya SIG</div>
<div style="text-align: justify;">
c. Perkembangan SIG</div>
<div style="text-align: justify;">
d. Keunggulan SIG dibanding sistem perpetaan konvensional</div>
<div style="text-align: justify;">
e. Beberapa contoh pemanfaatan SIG </div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 3 : Komponen SIG</div>
<div style="text-align: justify;">
a. Komponen dalam SIG</div>
<div style="text-align: justify;">
1. Komponen masukan data</div>
<div style="text-align: justify;">
2. Komponen pengelolaan data</div>
<div style="text-align: justify;">
3. Komponen manipulasi dan analisis data</div>
<div style="text-align: justify;">
4. Komponen luaran data</div>
<div style="text-align: justify;">
b. Fungsi masing-masing komponen dalam SIG</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 4 : Unsur-Unsur Esensial SIG</div>
<div style="text-align: justify;">
a. Data dalam SIG</div>
<div style="text-align: justify;">
1. Pengertian data dasar</div>
<div style="text-align: justify;">
2. Fungsi data dasar</div>
<div style="text-align: justify;">
3. Bentuk data dasar</div>
<div style="text-align: justify;">
4. Struktur data dasar </div>
<div style="text-align: justify;">
b. Sumber dan Jenis Data</div>
<div style="text-align: justify;">
1. Sumber Data dalam SIG</div>
<div style="text-align: justify;">
2. Keunggulan dan Kelemahan Sumber Data dalam SIG </div>
<div style="text-align: justify;">
3. Data Spasial dan Non Spasial </div>
<div style="text-align: justify;">
4. Keterpaduan Data dalam SIG</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 5 : Model data spasial dalam SIG</div>
<div style="text-align: justify;">
1. Model data raster</div>
<div style="text-align: justify;">
2. Model data vektor</div>
<div style="text-align: justify;">
3. Perbandingan model data raster dan vektor </div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 6 : Penginderaan Jauh dan SIG (Pertemuan 6)</div>
<div style="text-align: justify;">
1. Manfaat Penginderaan Jauh dalam SIG</div>
<div style="text-align: justify;">
2. Keunggulan penginderaan jauh sebagai salah satu sumber data dalam SIG</div>
<div style="text-align: justify;">
3. Langkah-langkah pengambilan data penginderaan jauh</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 7 : Tahapan kerja dalam SIG</div>
<div style="text-align: justify;">
1. Tahap persiapan</div>
<div style="text-align: justify;">
2. Tahap pembuatan peta digital</div>
<div style="text-align: justify;">
3. Tahap analisis dan pengolahan lebih lanjut</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 8-16 : Praktikum Pembuatan Peta Digital </div>
<div style="text-align: justify;">
a. Persiapan</div>
<div style="text-align: justify;">
b. Registrasi peta/citra</div>
<div style="text-align: justify;">
d. Digitasi peta</div>
<div style="text-align: justify;">
e. Editing peta</div>
<div style="text-align: justify;">
f. Pembuatan grid dan koordinat </div>
<div style="text-align: justify;">
g. Layout peta </div>
<div style="text-align: justify;">
h. Pencetakan</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 17 : Ujian Tengah Semester</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 18-22 : Praktikum Entry Data Atribut</div>
<div style="text-align: justify;">
a. Jenis data</div>
<div style="text-align: justify;">
b. Cara pemasukan data</div>
<div style="text-align: justify;">
c. Pengolahan dan penayangan data</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 23-28 : Analisis data dalam SIG</div>
<div style="text-align: justify;">
a. Analisis overlay</div>
<div style="text-align: justify;">
b. Analisis Buffering</div>
<div style="text-align: justify;">
c. Analisis jaringan/networking</div>
<div style="text-align: justify;">
b. Analisis tiga dimensi</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 29-31 : Beberapa Aplikasi SIG dalam Kajian Geografi</div>
<div style="text-align: justify;">
a. SIG untuk penentuan arahan pemanfaatan lahan </div>
<div style="text-align: justify;">
b. SIG untuk penentuan pusat pertumbuhan wilayah</div>
<div style="text-align: justify;">
c. SIG untuk evaluasi kemampuan lahan</div>
<div style="text-align: justify;">
d. SIG untuk evaluasi kesesuaian lahan</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 32 : Ujian Akhir Semester</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>7. Referensi</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Burrough.1986. Principles of Geographical Information System for Land Resources Assessment. New York: Oxford University Press.</div>
<div style="text-align: justify;">
Demers,Michael N.1997.Fundamental of Geographic Information System. University of New Mexico,John Wiley and Sons,Inc.</div>
<div style="text-align: justify;">
Dulbahri.1995. Sistem Informasi Geografis. Yogyakarta: Diktat Mata Kuliah SIG UGM </div>
<div style="text-align: justify;">
Environmental System Research Institut (ESRI), 1995. Understanding GIS, The Arc Info Method. USA</div>
<div style="text-align: justify;">
ESRI.1995. Understanding GIS,the Arc/Info Method. USA: California</div>
<div style="text-align: justify;">
Laurini, Robert and Derek Thompson, 1992. Fundamentals of Spatial Information Systems. London: Academic Press Limited </div>
<div style="text-align: justify;">
Prahasta, Eddy, 2003. Sistem Informasi Geografis: ArcView Lanjut (Pemrograman Bahasa Script Avenue. Bandung: Penerbit Informatika</div>
<div style="text-align: justify;">
________, 2004. Belajar dan Memahami MapInfo. Bandung: Penerbit Informatika</div>
<div style="text-align: justify;">
________, 2004. Sistem Informasi Geografis (Tools and Plug-Ins). Bandung: </div>
<div style="text-align: justify;">
Penerbit Informatika</div>
<div style="text-align: justify;">
________, 2005. Aplikasi Pemrograman MapInfo. Bandung: Penerbit Informatika</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>Sumber dan Dokumen</b></div>
<div style="text-align: justify;">
• Jurnal</div>
<div style="text-align: justify;">
• Internet</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>Dosen dapat dihubungi melalui:</b></div>
<div style="text-align: justify;">
1. Drs. Dede Sugandi,M.Si</div>
<div style="text-align: justify;">
Jln.Sariwangi Indah Kamp. Sariwangi Kec.parongpong Telp.2006718 Bandung</div>
<div style="text-align: justify;">
2. Nanin Trianawati Sugito, ST, MT</div>
<div style="text-align: justify;">
Diposkan oleh geografi upi di 19:03 Tidak ada komentar: </div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/07779660144932987078noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-76334541351069944.post-14415374218600366962012-10-07T06:53:00.004-07:002012-10-07T06:53:40.532-07:00 Perencanaan Pembelajaran Geografi<br />
<div style="text-align: justify;">
<b>Minggu, 12 Oktober 2008</b></div>
<div style="text-align: justify;">
<b><br /></b></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>SILABUS</b></div>
<div style="text-align: justify;">
<b><br /></b></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>1. Identitas mata kuliah</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Mata Kuliah : Perencanaan Pembelajaran Geografi</div>
<div style="text-align: justify;">
Kode : GG 502</div>
<div style="text-align: justify;">
Jumlah sks : 2 sks</div>
<div style="text-align: justify;">
Semester : 4</div>
<div style="text-align: justify;">
Kelompok mata kuliah : MKDP</div>
<div style="text-align: justify;">
Jurusan/Program : Pendidikan Geografi/S1 </div>
<div style="text-align: justify;">
Status mata kuliah : Mata kuliah lanjut</div>
<div style="text-align: justify;">
Prasyarat : Telah lulus mata kuliah Landasan Pendidkan,</div>
<div style="text-align: justify;">
Perkembangan Peserta Didik, dan Pengelolaan</div>
<div style="text-align: justify;">
Pendidikan. </div>
<div style="text-align: justify;">
Dosen : Drs. Asep Mulyadi, M.Pd/1393</div>
<div style="text-align: justify;">
Drs. Ahmad Yani, M.Si./1970 </div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>2. Tujuan</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki wawasan pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun perencanaan pembelajaran yang baik dan benar sebagai bekal bagi para calon tenaga guru dan kependidikan yang handal dan profesional, melalui berbagai metode, model, dan pendekatan pembelajaran serta berbagai aspek yang menjadi tuntutan perencanaan pembelajaran.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>3. Deskripsi</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Matakuliah perencanaan pengajaran merupakan matakuliah lanjut bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi S1 yang dirancang untuk memberi pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menyusun perencanaan pembelajaran yang baik dan benar sesuai dengan panduan implementasi Kurikulum 2004 (KTSP). Lingkup teori yang diharapkan difahami mahasiswa antara lain prinsip dan konsep pembelajaran, pendekatan dan model pembelajaran, merumuskan tujuan, penyusunan skenario, dan evaluasi. Sedangkan keterampilan yang diharapkan dikuasai mahasiswa adalah menyusun suatu naskah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan praktek perbaikan proses pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas, penelitian pengembangan, dan kuasi eksperimen. </div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>4. Pendekatan pembelajaran </b></div>
<div style="text-align: justify;">
Perkuliahan ini menggunakan pendekatan ekspositori, inkuiri, dan simulasi proses pembelajaran</div>
<div style="text-align: justify;">
a. Metode : ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemecahan masalah</div>
<div style="text-align: justify;">
b. Tugas : laporan buku, penyajian dan diskusi, dan penyusunan</div>
<div style="text-align: justify;">
Rencana pembelajaran</div>
<div style="text-align: justify;">
c. Media : LCD, OHP</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>5. Evaluasi</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam:</div>
<div style="text-align: justify;">
a. kehadiran di kelas</div>
<div style="text-align: justify;">
b. partisipasi kegiatan kelas</div>
<div style="text-align: justify;">
c. membuat tugas sebagaimana yang diwajibkan.</div>
<div style="text-align: justify;">
d. UTS dan UAS</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>6. Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 1 : Pengantar</div>
<div style="text-align: justify;">
Membahas silabus perkuliahan termasuk mengemukakan tentang tujuan, ruang lingkup, prosedur perkuliahan, penjelasan tentang tugas yang harus dilakukan mahasiswa, ujian yang harus diikuti termasuk jenis soal dan cara menyelesaikan/menjawab pertanyaan, dan sumber-sumber belajar. Selain itu akan diantarkan pula peranan dan fungsi matakuliah Perencanaan Pengajaran Geografi pada program studi/jurusan Pendidikan Geografi di UPI.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 2 : Pengertian & tujuan perencanan pengajaran geografi</div>
<div style="text-align: justify;">
Dalam pertemuan kedua dibahas tentang pengertian dan masalah pokok dalam perencanaan pengajaran. Dijelaskan pula tentang proses, jenis dan pentingnya perencanaan pengajaran.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 3 : Pendekatan pembelajaran geografi</div>
<div style="text-align: justify;">
Menguraikan tentang berbagai pendekatan dalam proses pembelajaran pada umumnya dan pembelajaran geografi pada khususnya. Materi ditekankan pada pengenalan tentang keragaman pendekatan pembelajaran yang berdampak pada strategi (atau model) pembelajaran, penggunaan metode, tehnik dan taktik pembelajaran. Pendekatan yang dikenalkan antra lain pendekatan sistem dalam pengajaran, pendekatan yang berfokus pada siswa, guru, masalah dan teknologi.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 4 : Model dan metode pembelajaran </div>
<div style="text-align: justify;">
Materi diarahkan kepada pengenalan berbagai model dan metode pembelajaran yang digunakan untuk tujuan tertentu. Model yang diperkenalkan antara lain model pemrosesan informasi, sosial, pribadi dan perilaku. Metode yang dikenalkan antara lain metode ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan praktek lapangan.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 5 : Perumusan tujuan dalam perencanaan pembelajaran</div>
<div style="text-align: justify;">
Materi diarahkan kepada penguasaan peserta didik (mahasiswa) untuk mampu merumuskan tujuan pembelajaran yang baik.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 6 : Penyusunan skenario pembelajaran (1)</div>
<div style="text-align: justify;">
Materi diarahkan kepada penguasaan peserta didik (mahasiswa) untuk mampu menyusun skenario pembelajaran dengan baik sesuai dengan teori dan prinsip pembelajaran geografi.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 7 : Penyusunan skenario pembelajaran (2)</div>
<div style="text-align: justify;">
Lanjutan materi dari pertemuan ke-VI yaitu agar peserta didik (mahasiswa) mampu menyusun skenario pembelajaran dengan baik sesuai dengan teori dan prinsip pembelajaran geografi. Di akhir pertemuan siswa diberi tugas untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan format yang berlaku dalam kurikulum 2004 (KTSP)</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 8 : Ujian Tengah Semester </div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 9 : Perencanaan pemanfaatan bahan dan sumber belajar</div>
<div style="text-align: justify;">
Perkuliahan diarahkan pada cara untuk mengidentifikasi dan memanafaatkan sumber belajar. </div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 10 : Perencanaan penyusunan evaluasi hasil pembelajaran</div>
<div style="text-align: justify;">
Dijelaskan tentang pengertian, fungsi & hakekat evaluasi pengajaran, serta penyusunan alat evaluasi pengajaran. Diperkenalkan tentang jenis dan bentuk alat ukur, prinsip-prinsip dasar dan langkah-langkah menyusun tes hasil belajar.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 11 : Praktek implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) I</div>
<div style="text-align: justify;">
Kegiatan diarahkan untuk memahami pentingnya manajemen waktu agar perencanaan pembelajaran dapat terlakasan dengan baik, teknik membuka dan menutup pembelajaran yang efektif, dan bentuk penugasan yang bermakna untuk materi berikutnya.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 12 : Praktek implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) II</div>
<div style="text-align: justify;">
Kegiatan diarahkan untuk memperbaiki skenario pembelajaran dan pemanfaatan sumber belajar.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 13 : Praktek implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) III</div>
<div style="text-align: justify;">
Kegiatan diarahkan untuk memperbaiki teknik evaluasi yang efektif di akhir proses pembelajaran dan penugasan</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 14 : Teknik perbaikan proses pembelajaran I</div>
<div style="text-align: justify;">
Diperkenalkan tentang pengertian, fungsi, dan manfaat Penelitian Tindakan Kelas.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 15 : Teknik perbaikan proses pembelajaran II</div>
<div style="text-align: justify;">
Diperkenalkan tentang pengertian dan perbedaan antara penelitian pengembangan dan kuasi eksperimen untuk perbaikan kinerja pembelajaran.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 16 : Simulasi Perbaikan proses pembelajaran</div>
<div style="text-align: justify;">
Perkuliahan diarahkan untuk mempraktekkan perbedaan tiga teknik perbaikan kelas yaitu PTK, penelitian pengembangan dan kuasi eksperimen dan penyusunan laporannya.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 17 : Ujian Akhir Semester</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>7. Referensi</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Anonim. (2003). Pendekatan Kontekstual. Jakarta. Departemen Pendidkan Nasional. </div>
<div style="text-align: justify;">
Dikmenum, (1996). Metodologi Pembelajaran, Bahan Penataran untuk Guru SMU, Depdikbud.</div>
<div style="text-align: justify;">
Ellis, A.K. (1998). Teaching and Learning Elementary Social Studies. Sixth Edition. Allyn and Bacon. Boston, London, Toronto, Sydney, Tokyo, Singapore.</div>
<div style="text-align: justify;">
Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani, (2002). Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: CTSD, IAIN Sunan Kalijogo.</div>
<div style="text-align: justify;">
Nana Sudjana, (1989). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru.</div>
<div style="text-align: justify;">
Poedjiadi, A. (2005). Sains Teknologi Masyarakat. Bandung. Remaja Rosdakarya</div>
<div style="text-align: justify;">
Ratna Wilis Dahar, (1989). Teori-Teori Belajar, Jakarta: Erlangga.</div>
<div style="text-align: justify;">
Sukmadinata, N.S. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Kesuma Karya. Bandung.</div>
<div style="text-align: justify;">
Sumaatmadja, N. (1980). Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Penerbit Alumni. Bandung</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>Sumber dan Dokumen:</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Jurnal : GEA (Jurusan Pendidikan Geografi)</div>
<div style="text-align: justify;">
EduTech (Jurusan Kurikulum dan Teknologi)</div>
<div style="text-align: justify;">
Jurnal Penelitian Lembaga Penelitian UPI</div>
<div style="text-align: justify;">
Internet : www.dikmenum.go.id dan www.puskur.net </div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>Dosen dapat dihubungi melalui:</b></div>
<div style="text-align: justify;">
1. di Jurusan Pendidikan Geografi FPIPS UPI </div>
<div style="text-align: justify;">
2. melalui HP: 081802201231 (Drs. Asep Mulyadi, M.Pd).</div>
<div style="text-align: justify;">
08121427040 (Drs. Ahmad Yani, M.Si.)</div>
<div style="text-align: justify;">
Diposkan oleh geografi upi di 19:49 Tidak ada komentar: </div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b><br /></b></div>
Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/07779660144932987078noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-76334541351069944.post-70934388049878861692012-10-07T06:49:00.004-07:002012-10-07T06:49:58.682-07:00Metode Penelitian Geografi<br />
<div style="text-align: justify;">
<b>SILABUS</b></div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
Mata Kuliah / Kode : Metode Penelitian Geografi </div>
<div style="text-align: justify;">
SKA : 4</div>
<div style="text-align: justify;">
Dosen : Dr. Darsihardjo, MS / 0925</div>
<div style="text-align: justify;">
Dr. Epon Ningrum, M.Pd</div>
<div style="text-align: justify;">
Jurusan : Pendidikan Geografi</div>
<div style="text-align: justify;">
Prasyarat : -</div>
<div style="text-align: justify;">
Waktu Perkuliahan : 2 x 50 menit x 32 Pertemuan</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>1. Deskripsi Mata Kuliah</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Perkuliahan Metode Penelitian Geografi dengan bobot 4 SKS diselenggarakan atas 16 kali pertemuan dengan focus kajian utama yaitu; 1) menjawab rasa ingin tahu dari pertanyaan yang belum terjawab tentang keberadaan fenomena geosfer; 2) bagaimana cara mengenal fenomena geosfer dengan pola ilmiah yaitu rasional, logis, sistematis, dan analisis dengan menggunakan metode-metode ilmiah; 3) menilai jawaban-jawaban dari proses penyelidikan dan penemuan dengan kaidah-kaidah kebenaran ilmiah.</div>
<div style="text-align: justify;">
Sasaran perkuliahan adalah menyiapkan mahasiswa agar memiliki wawasan pemikiran proses penelitian yang jelas, memiliki kemampuan dan keterampilan menentukan dan menggunakan metode ilmiah dalam penelitian geografi, memiliki kemampuan dalam menilai kebenaran ilmiah, memeiliki kemampuan dan keterampilan dalam penampilan secara verbal, visual, matematika, digital, dan kognitif dalam penulisan karya ilmiah hasil penelitian.</div>
<div style="text-align: justify;">
Lingkup kajian penelitian geografi meliputi kajian geografi fisik, geografi manusia, gabungan geografi fisik dan geografi manusia, geografi teknik, dan pendidikan geografi dengan pendekatan keruangan, kewilayahan, dan kelingkungan.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>2. Pengalaman Belajar</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Selama mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diwajibkan untuk mengikuti kegiatan:</div>
<div style="text-align: justify;">
a. ceramah, Tanya jawab, dan diskusi kelas.</div>
<div style="text-align: justify;">
b. tugas</div>
<div style="text-align: justify;">
c. penampilan makalah</div>
<div style="text-align: justify;">
<b><br /></b></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>3. Evaluasi Hasil Belajar</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam:</div>
<div style="text-align: justify;">
a. kehadiran dikelas</div>
<div style="text-align: justify;">
b. partisifasi kegiatan kelas</div>
<div style="text-align: justify;">
c. membuat tugas</div>
<div style="text-align: justify;">
d. UTS dan UAS</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>4. Uraian Pokok Bahasan Setiap Pertemuan</b></div>
<div style="text-align: justify;">
I. Pengantar Metode Penelitian Geografi</div>
<div style="text-align: justify;">
a. Kemampuan berfikir</div>
<div style="text-align: justify;">
b. Apakah penelitian itu</div>
<div style="text-align: justify;">
c. Mengapa melakukan penelitian</div>
<div style="text-align: justify;">
II. Keunikan Penelitian Geografi</div>
<div style="text-align: justify;">
a. Geografi sebagai disiplin ilmu</div>
<div style="text-align: justify;">
b. Lingkup Kajian Penelitian Geografi</div>
<div style="text-align: justify;">
III. Landasan Filosofi MPG</div>
<div style="text-align: justify;">
a. Kerangka Filsafat Ilmu</div>
<div style="text-align: justify;">
b. Bagaimana Penelitian Hendak Dilakukan</div>
<div style="text-align: justify;">
IV. Metode Penelitian Ilmiah</div>
<div style="text-align: justify;">
a. Metodologi dan Metode</div>
<div style="text-align: justify;">
b. Metode-metode Penelitian</div>
<div style="text-align: justify;">
V. Metode Penelitian Geografi</div>
<div style="text-align: justify;">
a. Pendekatan Penelitian Geografi</div>
<div style="text-align: justify;">
b. Jenis Metode Penelitian Geografi</div>
<div style="text-align: justify;">
VI. Langkah-langkah Penelitian Geografi</div>
<div style="text-align: justify;">
a. Langkah-langkah Penelitian Ilmiah</div>
<div style="text-align: justify;">
b. Langkah-langkah Penelitian Geografi</div>
<div style="text-align: justify;">
c. Langkah-langkah Penelitian Untuk Penulisan Karya Ilmiah Skripsi</div>
<div style="text-align: justify;">
VII. Metode Analisa Geografi</div>
<div style="text-align: justify;">
a. Apa analisa itu</div>
<div style="text-align: justify;">
b. Model Analisa</div>
<div style="text-align: justify;">
c. Sistem Analisa</div>
<div style="text-align: justify;">
VIII. Landasan Penentuan Judul, Rumusan Masalah dan Tujuan Penelitian</div>
<div style="text-align: justify;">
IX. U T S</div>
<div style="text-align: justify;">
X. Perumusan teori, hipotesis, dan matrik konseptual penelitian</div>
<div style="text-align: justify;">
XI. Penyusunan disain, penentuan variable dan jenis data</div>
<div style="text-align: justify;">
XII. Populasi dan sample penelitian</div>
<div style="text-align: justify;">
XIII. Penyusunan instrument dan pengumpulan data</div>
<div style="text-align: justify;">
XIV. Analisis Data</div>
<div style="text-align: justify;">
XV. Penulisan Laporan Penelitian</div>
<div style="text-align: justify;">
XVI. Penyusunan Proposal Penelitian (sebagai tugas akhir perkuliahan)</div>
<div style="text-align: justify;">
XVII. UAS.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>Daftar Literatur</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Bintaro, R, dan Surastopo Hadisumarmo (1982) Metode Analisa Geografi, Jakarta: LP3ES</div>
<div style="text-align: justify;">
Cochran, Willian C. (1977), Sampling Tecniques, (second Edition New Delhi: Wiley Eastern Limited)</div>
<div style="text-align: justify;">
Kitchin, Rab and Nicholas J. Tate. (2000). Conducting Research In Human Geography Theori, Methodology and Practive (Firs Edition) Singapore: Addison Wesley Longman Singapore Ltd.</div>
<div style="text-align: justify;">
Krath Wohl, David R. (1976) How to Prepare A Research Proposal (Second Edition). Syracuse; University</div>
<div style="text-align: justify;">
Masri Sngarimbun dan Sofian Eddendi. (1982) Metode Penelitian Survey. Jakarta: LP3ES.</div>
<div style="text-align: justify;">
MOh. Pabundu Tika. (1997). Metode Penelitian Geografi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.</div>
<div style="text-align: justify;">
Haring, L Lloyd and John F. Launsbury. (1975) ScientificGeographic Research (Second Edsition) United States Of Amerika; Wm.C Brown Company Pablishers.</div>
<div style="text-align: justify;">
Higgett, Richard, (1980). System Analysis In Geography. Clarendon Press. Oxford</div>
<div style="text-align: justify;">
Theakstone, W. H. dan Charrison (1978) The Analysis Of Geographical Data Ionion: Heinemann Educational Books Ltd.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
Dr. EPon Ningrum, M.Pd (Jurdik Geografi UPI)</div>
<div style="text-align: justify;">
Diposkan oleh geografi upi di 20:11 Tidak ada komentar: </div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/07779660144932987078noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-76334541351069944.post-71282641305103400522012-10-07T06:46:00.002-07:002012-10-07T06:46:41.165-07:00 Metode Penelitian Pendidikan Geografi<br />
<div style="text-align: justify;">
<b>Senin, 13 Oktober 2008</b></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>SILABUS</b></div>
<div style="text-align: justify;">
<b><br /></b></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>1. Identitas mata kuliah</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Mata Kuliah : Metode Penelitian Pendidikan Geografi</div>
<div style="text-align: justify;">
Kode : GG 504</div>
<div style="text-align: justify;">
Jumlah sks : 3 sks</div>
<div style="text-align: justify;">
Semester : 6</div>
<div style="text-align: justify;">
Kelompok mata kuliah : MKDP</div>
<div style="text-align: justify;">
Jurusan/Program : Pendidikan Geografi/S1</div>
<div style="text-align: justify;">
Status mata kuliah : Mata kuliah lanjut</div>
<div style="text-align: justify;">
Prasyarat : Telah lulus MKKP, Belajar dan Pembelajaran</div>
<div style="text-align: justify;">
Geografi, Media Pembelajaran Geografi,</div>
<div style="text-align: justify;">
dan Perencanaan Pembelajaran geografi</div>
<div style="text-align: justify;">
Dosen : Dr. Epon Ningrum, M.Pd./0920</div>
<div style="text-align: justify;">
Dra. Susilawati, M.Pd./1753</div>
<div style="text-align: justify;">
Nanin Trianawati Sugito, ST. MT. </div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>2. Tujuan</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan prinsip-prinsip, konsep-konsep, teori-teori, dan metode penelitian pendidikan yang meliputi pengertian, pemahaman, dan kompetensi menyusun proposal penelitian pendidikan dan proposal penelitian tindakan kelas (PTK) sehingga memiliki kemampuan dalam memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran geografi agar tercapai tujuan pendidikan dan tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien untuk mempersiapkan diri memasuki profesi guru secara profesional. </div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>3. Deskripsi</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjut bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi S1 yang memfasilitasi mahasiswa dalam memahami tentang pentingnya dilakukan penelitian pendidikan. Mahasiswa sebagai calon guru geografi harus memiliki kemampuan dalam mencermati permasalahan pendidikan geografi, termasuk di dalamnya permasalahan pembelajaran geografi. Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang pengertian, pemahaman, dan kompetensi menyusun proposal penelitian pendidikan dan proposal penelitian tindakan kelas (PTK). Para mahasiswa dibimbing dan dikembangkan kemampuannya dalam memecahkan permasalahan pendidikan dan pembelajaran geografi agar tercapai tujuan pendidikan dan tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Kemampuan tersebut sangat penting dimiliki oleh mahasiswa dalam mempersiapkan diri memasuki profesi guru sesara profesional. </div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>4. Pendekatan pembelajaran</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Perkuliahan ini menggunakan pendekatan ekspositori dan inkuiri.</div>
<div style="text-align: justify;">
a. Metode : ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemecahan masalah</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
b. Tugas : laporan buku & makalah, pengumpulan data lapangan,</div>
<div style="text-align: justify;">
penyajian</div>
<div style="text-align: justify;">
proposal penelitian.</div>
<div style="text-align: justify;">
c. Media : LCD, OHP.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>5. Evaluasi </b></div>
<div style="text-align: justify;">
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam:</div>
<div style="text-align: justify;">
No. Aspek yang Dinilai Bobot</div>
<div style="text-align: justify;">
a. Kehadiran 10</div>
<div style="text-align: justify;">
b. Partisipasi kegiatan kelas 10</div>
<div style="text-align: justify;">
c. Laporan hasil observasi 15</div>
<div style="text-align: justify;">
d. Pembuatan proposal 15</div>
<div style="text-align: justify;">
e. Penyajian proposal 15</div>
<div style="text-align: justify;">
f. Ujian tengah Semester 15</div>
<div style="text-align: justify;">
g. Ujian Akhir Semester 20</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>6. Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 1 : Membahas silabus perkuliahan, tujuan, ruang lingkup materi perkuliahan, prosedur perkuliahan, dan sumber referensi.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 2-3 : Hakikat penelitian kaitannya dengan pendidikan dan pengajaran geografi. Perkembangan metodologi penelitian, pendidikan sebagai ilmu dan praksis, aplikasi penelitian dalam pendidikan dan pembelajaran geografi</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 4 : Penelitian pendidikan dan penelitian tindakan kelas. Filosofis, Perbedaan dan persamaan, pendekatan, objek kajian. </div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 5 : Prosedur penelitian tindakan kelas. Masalah dan pemecahan, rencana pemecahan masalah.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 6 : Evaluasi dan refleksi. Menentukan data dan instrumen penelitian, indikator keberhasilan, dan analisis data. </div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 7 : Penyajian proposal penelitian tindakan kelas</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 8 : Penulisan laporan Penelitan tindakan kelas. Sistematika pelaporan dan isi laporan.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 9 : Ujian Tengah Semester</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 10 : Prosedur penelitian pendidikan. Jenis-jenis penelitian dalam pendidikan, masalah-masalah pendidikan, subjek dan objek penelitian pendidikan.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 11 : Kajian pustaka. Kegunaan kajian pustaka, menentukan pustaka, anggapan dasar, dan hipotesis penelitian.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 12 : Metode penelitian. Ragam metode penelitian pendidikan, menentukan ukuran populasi dan sampel penelitian.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 13 : Pengumpulan dan analisis data. Menentukan sumber data, instrumen penelitian, dan analisis data.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 14 : Penyajian proposal penelitian</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 15 : Penulisan laporan penelitian. Sistematika laporan dan isi laporan.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 16 : Ujian Akhir Semester</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>7. Referensi</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Asher, W. (1976). Educational Research and Evaluation Methods. Boston. Little Brown and Company.</div>
<div style="text-align: justify;">
Arikunto, S. (2000). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Bina Aksara.</div>
<div style="text-align: justify;">
..................(2000). Manajemen Penelitian. Jakarta. Bina Aksara.</div>
<div style="text-align: justify;">
Best,J.W. (1977). Research in Education. New Delhi. Prentice Hall of India Private Limited. </div>
<div style="text-align: justify;">
Borg, W.R., Gall, M.D. (1979). Educational Research. New York. Logman.</div>
<div style="text-align: justify;">
Burroughs, G.E.R. (1975). Design and analysis in Education Research. Oxford Alden.</div>
<div style="text-align: justify;">
Dalaen, V. (1962). Understanding educational Research. New York. McGraw-Hil Book Company. </div>
<div style="text-align: justify;">
Elvey, M. (1996). The Theory and Practice of Action research Changing Education. Journal for Teachers and Administration. V. 2 No. 6. page 6-9.</div>
<div style="text-align: justify;">
Hopkins, D. (1993). A. Teacher’s Guide to Classroom Research. Philadelphia. Open University Press.</div>
<div style="text-align: justify;">
Johnston, M. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. </div>
<div style="text-align: justify;">
Kartono, K. (1980). Pengantar Metodologi research Sosial. Bandung. Alumni.</div>
<div style="text-align: justify;">
Kemmis and Taggart. (1990). The actioan Research Planner. Victoria. Deakin University Press.</div>
<div style="text-align: justify;">
................(1990). The Action research Reader. Vicyoria. Deakin University Press.</div>
<div style="text-align: justify;">
Koentjaraningrat. (1977). Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta. Gramedia.</div>
<div style="text-align: justify;">
Merlin c. Wittrock (ed). (1986). handbook of research on teaching. New York. Praeger publishers.</div>
<div style="text-align: justify;">
Noffke and Stevenson B. Robert. (1995). Educational Action Research. New York. Teachers College. Collumbia University. </div>
<div style="text-align: justify;">
Singarimbun, M. (1989). Metode Penelitian Survai. Jakarta. LP3ES.</div>
<div style="text-align: justify;">
Suryanto. (1997). Pedoman Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Departemen Pendidikan Nasional.</div>
<div style="text-align: justify;">
Tilaar. (1998). Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21. Magelang. Tera Indonesia.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>Sumber dan Dokumen</b></div>
<div style="text-align: justify;">
• Jurnal</div>
<div style="text-align: justify;">
• Internet</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>Dosen dapat dihubungi melalui:</b></div>
<div style="text-align: justify;">
1. Dr. Epon Ningrum, M.Pd</div>
<div style="text-align: justify;">
Rumah: Jln. Pasir Honje VII No 38 Rt 14/Rw 1A Cimuncang Atas </div>
<div style="text-align: justify;">
Bandung </div>
<div style="text-align: justify;">
Hp. 08122110922</div>
<div style="text-align: justify;">
e.mail: epon-ningrum @upi.edu</div>
<div style="text-align: justify;">
2. Dra. Susilawati, M.Pd</div>
<div style="text-align: justify;">
Rumah: Jln. Madani No. 92 Komplek Krakatau Stel </div>
<div style="text-align: justify;">
Cilegon Tlp. 0254-384385</div>
<div style="text-align: justify;">
Hp. 081319615131</div>
<div style="text-align: justify;">
3. Nanin Trianawati Sugito, ST., MT.</div>
<div style="text-align: justify;">
Rumah :</div>
<div style="text-align: justify;">
Diposkan oleh geografi upi di 20:24 Tidak ada komentar: </div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/07779660144932987078noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-76334541351069944.post-27873721994692037472012-10-07T06:37:00.000-07:002012-10-07T06:37:08.366-07:00 Evaluasi Pembelajaran Geografi<br />
<div style="text-align: justify;">
<b>Selasa, 14 Oktober 2008</b></div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>SILABUS</b></div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>1. Identitas mata kuliah</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran Geografi</div>
<div style="text-align: justify;">
Kode : GG 501</div>
<div style="text-align: justify;">
Jumlah sks : 2 sks</div>
<div style="text-align: justify;">
Semester : 6</div>
<div style="text-align: justify;">
Kelompok mata kuliah : MKDP</div>
<div style="text-align: justify;">
Jurusan/Program : Pendidikan Geografi/S1</div>
<div style="text-align: justify;">
Status mata kuliah : Mata kuliah lanjut</div>
<div style="text-align: justify;">
Prasyarat : Telah lulus mata kuliah Perencanaan</div>
<div style="text-align: justify;">
Pembelajaran Geografi dan Strategi Pembelajaran</div>
<div style="text-align: justify;">
Geografi.</div>
<div style="text-align: justify;">
Dosen : Dr. Sri Hayati, M.Pd./1392</div>
<div style="text-align: justify;">
Drs. Mamat Ruhimat, M.Pd./0658</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>2. Tujuan</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan prinsip-prinsip, konsep-konsep, dan teori-teori evaluasi pembelajaran sehingga memiliki wawasan pengetahuan dan keahlian dalam membuat instrumen pengukuran, melaksanakan pengukuran, menganalisis data hasil pengukuran baik dengan prosedur kuantitatif maupun kualitatif serta mengambil keputusan pembelajaran yang efektif, sebagai bekal calon guru dan tenaga kependidikan yang profesional.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>3. Deskripsi</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Mata kuliah Evaluasi Pembelajaran Geografi merupakan mata kuliah lanjut bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi S1 yang mengkaji tentang prinsip-prinsip pengukuran dan penilaian, pelaksanaan pengukuran, serta pengambilan keputusan berkaitan dengan pembelajaran Geografi. Kompetensi yang diharapkan adalah membentuk penguasaan dalam membuat instrumen pengukuran, melaksanakan pengukuran, menganalisis data hasil pengukuran baik dengan prosedur kuantitatif maupun kualitatif serta mengambil keputusan pembelajaran yang efektif. Materi perkuliahan meliputi pengertian, jenis dan fungsi evaluasi, penilaian bentuk tes dan non tes, penyusunan instrumen penilaian, validitas dan reliabilitas instrumen, cara pengolahan hasil pengkururan, serta cara menentukan hasil belajar untuk pengambilan keputusan dalam pembelajaran Geografi.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>4. Pendekatan pembelajaran</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Untuk memberikan pengalaman belajar yang optimal, maka selama perkuliahan ini dilakukan beberapa metode pembelajaran, yaitu:</div>
<div style="text-align: justify;">
a. Diskusi</div>
<div style="text-align: justify;">
b. Ceramah dan tanya jawab</div>
<div style="text-align: justify;">
c. Latihan terstruktur</div>
<div style="text-align: justify;">
d. Pengumpulan data lapangan</div>
<div style="text-align: justify;">
e. Pembuatan laporan</div>
<div style="text-align: justify;">
f. Penyajian laporan di kelas</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>5. Evaluasi</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam:</div>
<div style="text-align: justify;">
a. kehadiran pada perkuliahan : 10%</div>
<div style="text-align: justify;">
b. partisipasi kegiatan di kelas : 10%</div>
<div style="text-align: justify;">
c. laporan dan penyajian : 20%</div>
<div style="text-align: justify;">
d. UTS : 25%</div>
<div style="text-align: justify;">
e. UAS : 35%</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>6. Rincian materi perkuliahan tiap perkuliahan</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 1 : Membahas silabus perkuliahan dan mengakomodasi berbagai masukan dai mahasiswa untuk memberi kemungkinan revisi terhadap pokok bahasan. Pada pertemuan kali ini dikemukakan pula tujuan, ruang lingkup, prosedur perkuliahan, penjelasan tentang tugas yang harus dilakukan mahasiswa, ujian yang harus diikuti termasuk jenis soal dan cara penyelesaian, serta sumber-sumber yang mendukung perkuliahan ini.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 2 : Hakikat evaluasi pembelajaran Geografi, meliputi: (a) Kedudukan dan peran evaluasi dalam pembelajaran Geografi, (b) Perbedaan penilaian dan pengukuran, (c) aspek-aspek yang dinilai dalam pembelajaran, serta (d) Jenis dan fungsi evaluasi.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 3 : Alat Evaluasi, meliputi: (1) rasional penggunaan alat dalam evaluasi, (2) macam-macam alat evaluasi/penilaian, serta (3) fungsi dan kebergunaan masing-masing jenis alat evaluasi.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 4 : Pengembangan alat penilaian tes tertulis bentuk objektif yang meliputi: (1) bentuk-bentuk soal, (2) keunggulan dan kelemahan masing-masing bentuk tes, serta (3) kaidah-kaidah penulisan butir soal tes objektif.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 5 : Lanjutan pengembangan alat penilaian tes tertulis bentuk objektif yang meliputi: (1) indikator soal yang baik, (2) penyusunan alat penilaian bentuk tes pilihan ganda.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 6 : Telaah alat penilaian, meliputi kajian terhadap soal yang sudah disusun dengan mengambil beberapa contoh soal yang disusun para guru untuk dikritisi keunggulan dan kelemahan yang ada berdasarkan indikator-indikator soal yang baik.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 7 : Ujian Tengah Semester</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 8 : Pengembangan alat penilaian tes perbuatan (praktik) pembelajaran Geografi, meliputi: (1) bentuk-bentuk penilaian untuk berbagai praktik seperti pemetaan, praktik lapangan, dan partisipasi di kelas, (2) jenis alat penilaian praktik, (3) cara penyusunan alat praktik, serta (4) validitas dan reliabilitas alat praktik.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 9 : Pengembangan alat penilaian tes bentuk essay, meliputi: (1) keunggulan dan kelemahan penilaian essay, (2) cara mengantisipasi kelemahan penilaian bentuk essay, serta (3) cara penyusunan tes bentuk essay.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 10 : Pengembangan penilaian non tes, meliputi: (1) wawancara, (2) observasi, (3) sikap dan minat, serta (4) penilaian portofolio.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 11 : Validitas dan reliabilitas alat, meliputi: (1) pentingnya validitas dan reliabilitas alat evaluasi, (2) jenis validitas dan reliabilitas, (3) cara-cara perhitungan validitas dan reliabilitas alat evaluasi.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 12 : Sistem penilaian, meliputi: (1) Penilaian Acuan Normatif (PAN) dan Patokan (PAP), (2) fungsi PAN dan PAP, serta (3) Penggunaan PAN dan PAP.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 13 : Penentuan nilai akhir dan pelaporan hasil belajar, meliputi: (1) fungsi nilai akhir, (2) faktor-faktor yang menentukan nilai akhir, (3) perhitungan nilai akhir, serta (4) cara penyusunan pelaporan hasil belajar.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 14 : Praktik validitas dan reliabilitas alat penilaian dengan menggunakan program komputer Excel, SPSS, dan Iteman.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 15 : Lanjutan praktik valliditas dan reliabilitas alat penilaian dengan menggunakan program Excel,SPSS, dan Iteman.</div>
<div style="text-align: justify;">
Pertemuan 16 : Ujian Akhir Semester</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>7. Referensi</b></div>
<div style="text-align: justify;">
Awan Mutakin dkk. (1988). Penilaian Dalam Pendidikan, Bandung: IKIP Bandung.</div>
<div style="text-align: justify;">
Gable K, Robert. (1966). Instrument Development in Affective Domain, Boston: Kluwer-Nijhoff Pub.</div>
<div style="text-align: justify;">
Gronlund, Norman E. (1970). Measurement and Evaluation in Teaching, N.Y.: MacMillan Pub. Co.</div>
<div style="text-align: justify;">
Popham, James. (1981). Modern Educational Measurement. London: Prentice-Hall Inc.</div>
<div style="text-align: justify;">
Subino. (1987). Konstruksi dan Analisis Tes: Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta Depdikbud.</div>
<div style="text-align: justify;">
Suharsimi. (1987). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Bumi Aksara.</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>Sumber dan Dokumen :</b></div>
<div style="text-align: justify;">
• Jurnal</div>
<div style="text-align: justify;">
• Internet</div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
<div style="text-align: justify;">
<b>Dosen yang dapat dihubungi:</b></div>
<div style="text-align: justify;">
1. Dr. Sri Hayati, M.Pd. melalui HP. 0811239914 – hayati_2001id@yahoo.com</div>
<div style="text-align: justify;">
2. Drs. Mamat Ruhimat, M.Pd. melalui HP. 08122146415 – mat-ruhimat_2002@ssc.bdg.net</div>
<div style="text-align: justify;">
Diposkan oleh geografi upi di 00:24 Tidak ada komentar: </div>
<div style="text-align: justify;">
<br /></div>
Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/07779660144932987078noreply@blogger.com0tag:blogger.com,1999:blog-76334541351069944.post-22634245516438720792012-10-07T06:20:00.004-07:002012-10-07T06:57:12.248-07:00Strategi belajar mengajar Geografi<div style="text-align: justify;">
</div>
<div align="center" class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: center;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;"><span style="font-size: 19px; line-height: 28px;"></span></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;"><b>SILABUS</b></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;"><b>1. Identitas mata kuliah</b></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Mata Kuliah :Strategi belajar mengajar Geografi</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Kode : GG 500</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Jumlah sks : 2 sks</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Semester : 5</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Kelompok mata kuliah : MKK Program Studi</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Jurusan : Pendidikan Geografi</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Status mata kuliah : Mata kuliah lanjut</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Prasyarat : Telah lulus mata kuliah dasar Kependidikan</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">dan mata kuliah bidang studi Geografi (Pengantar</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Geografi, Geologi, Metklim, dan Kartografi)</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Dosen/Asisten : Dr. Epon Ningrum, M.Pd./0920</span><br />
<br />
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;"></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;"><b>2. Tujuan</b></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">pengetahuan dan keterampilan tentang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar,</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">sehingga mereka dapat memahami dan memiliki keterampilan mengajar secara</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">profesional, mengembangkan kreativitas dan improvisasi, sehingga dapat</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">tercipta suasana kegiatan pembelajaran yang kondusif bagi khususnya pada</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">mata pelajaran geografi.</span><br />
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;"><br /></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;"><b>3. Deskripsi</b></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Belajar dan Pembelajaran Geografi merupakan mata kuliah lanjut yang wajib</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">diikuti oleh setiap mahasiswa pada jurusan pendidikan Geografi S1. Mata</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">kuliah ini memberi dasar-dasar kemampuan atau kompetensi pada calon guru</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">geografi. Seorang guru harus memiliki kompetensi pada tiga kawasan, yakni</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">kompetensi profesi, kompetensi pribadi, dan kompetensi sosial.</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Melalui mata kuliah Strategi Belajar Mengajar ini, mahasiswa sebagai calon guru dapat memupuk dan menumbuhkembangkan kompetensi profesinya. Pada mata</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">kuliah ini dibahas tentang: konsep dan prinsip belajar – mengajar, sikap</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">profesionalisme pada keguruan, peran guru dalam kegiatan pembelajaran, dan</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">keterampilan dasar mengajar.</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<br /></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;"><b>4. Pendekatan pembelajaran</b></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Selama megikuti perkuliahan mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan:</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">a. ceramah, tanya jawab, dan diskusi di kelas</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">b. tugas pembuatan media pembelajaran</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">c. penampilan makalah</span><br />
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;"><br /></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;"><b>5. Evaluasi</b></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">bersangkutan dalam:</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">a. kehadiran di kelas</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">b. partisipasi kegiatan kelas</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">c. membuat tugas sebagaimana yang diwajibkan.</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">d. UTS dan UAS</span><br />
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;"><br /></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;"><b>6. Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan</b></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Pertemuan 1 : Membahas silabus perkuliahan; Pengertian, Strategi, dan</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">metode belajar dan pembelajaran</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Pertemuan 2 : Pengertian dan prinsip belajar; Minat dan motivasi belajar;</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Ragam kegiatan belajar</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Pertemuan 3 : Pengertian dan prinsip mengajar; Kemampuan belajar</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">siswa; Ragam kondisi siswa dalam kegiatan mengajar</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Pertemuan 4 : Pengertian kompetensi; Profesi guru; Profesional dan</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">profesionalisme guru.</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Pertemuan 5 : Kompetensi profesi; Kompetensi pribadi; Kompetensi</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">sosial.</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Pertemuan 6 : Peran guru sebagai demonstrator; Peran guru sebagai</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">pengelola kelas; Peran guru sebagai fasilitator</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Pertemuan 7 : Peran guru sebagai evaluator; Peran guru sebagai</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">motivator.</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Pertemuan 8 : Ujian Tengah Semester</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Pertemuan 9 : Pengertian keterampilan dasar mengajar; Keterampilan</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">dasar mengajar yang wajib dikuasai.</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Pertemuan 10: Keterampilan mengajukan pertanyaan dasar dan pelacak;</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Strategi bertanya efektif.</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<br /></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Pertemuan 11: Pengertian metode karyawisata; Metode karyawisata dan</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">implementasinya.</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Pertemuan 12: Macam-macam media pembelajaran; Keterampilan</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">menggunakan media pembelajaran.</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Pertemuan 13: Sumber belajar; Ragam cara pemanfaatan sumber belajar.</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Pertemuan 14: Observasi lapangan</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Pertemuan 15: Pengolahan hasil observasi lapngan; Diskusi kelompok;</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Pameran kelas.</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Pertemuan 16: Ujian akhir semester</span><br />
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;"><br /></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;"><b>7. Referensi</b></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Conny Semiawan dkk, (1983), Pendekatan Keterampilan Proses.</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Joyce, (1967), Models of Teaching.</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Killen, (1998), Effective Teaching Strategies.</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Nasution, (1986), Didaktik Asas-Asas Mengajar.</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Tilaar, (2000), Agenda Reformasi Pendidikan.</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Uzer Usman, (1999), Menjadi Guru Profesional.</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Vastenhouw, (1983), Metode Pengajaran Proyek.</span><br />
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;"><br /></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;"><b>Sumber dan Dokumen:</b></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">· Jurnal</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">· Internet</span><br />
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;"><br /></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;"><b>Dosen dapat dihubungi melalui:</b></span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Dr. Epon Ningrum, M.Pd.</span></div>
<div class="MsoNormal" style="margin-bottom: 0.0001pt; text-align: justify;">
<span style="font-family: 'Times New Roman', serif;">Jl. Pasirhonje Cicaheum Telp. 08122011922</span></div>
<br />
<!---->Anonymoushttp://www.blogger.com/profile/07779660144932987078noreply@blogger.com0