Minggu, 07 Oktober 2012

Strategi belajar mengajar Geografi

SILABUS
1. Identitas mata kuliah
Mata Kuliah :Strategi belajar mengajar Geografi
Kode : GG 500
Jumlah sks : 2 sks
Semester : 5
Kelompok mata kuliah : MKK Program Studi
Jurusan : Pendidikan Geografi
Status mata kuliah : Mata kuliah lanjut
Prasyarat : Telah lulus mata kuliah dasar Kependidikan
dan mata kuliah bidang studi Geografi (Pengantar
Geografi, Geologi, Metklim, dan Kartografi)
Dosen/Asisten : Dr. Epon Ningrum, M.Pd./0920

2. Tujuan
Selesai mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki
pengetahuan dan keterampilan tentang pelaksanaan kegiatan belajar mengajar,
sehingga mereka dapat memahami dan memiliki keterampilan mengajar secara
profesional, mengembangkan kreativitas dan improvisasi, sehingga dapat
tercipta suasana kegiatan pembelajaran yang kondusif bagi khususnya pada
mata pelajaran geografi.

3. Deskripsi
Belajar dan Pembelajaran Geografi merupakan mata kuliah lanjut yang wajib
diikuti oleh setiap mahasiswa pada jurusan pendidikan Geografi S1. Mata
kuliah ini memberi dasar-dasar kemampuan atau kompetensi pada calon guru
geografi. Seorang guru harus memiliki kompetensi pada tiga kawasan, yakni
kompetensi profesi, kompetensi pribadi, dan kompetensi sosial.
Melalui mata kuliah Strategi Belajar Mengajar ini, mahasiswa sebagai calon guru dapat memupuk dan menumbuhkembangkan kompetensi profesinya. Pada mata
kuliah ini dibahas tentang: konsep dan prinsip belajar – mengajar, sikap
profesionalisme pada keguruan, peran guru dalam kegiatan pembelajaran, dan
keterampilan dasar mengajar.

4. Pendekatan pembelajaran
Selama megikuti perkuliahan mahasiswa diwajibkan mengikuti kegiatan:
a. ceramah, tanya jawab, dan diskusi di kelas
b. tugas pembuatan media pembelajaran
c. penampilan makalah

5. Evaluasi
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang
bersangkutan dalam:
a. kehadiran di kelas
b. partisipasi kegiatan kelas
c. membuat tugas sebagaimana yang diwajibkan.
d. UTS dan UAS

6. Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan
Pertemuan 1 : Membahas silabus perkuliahan; Pengertian, Strategi, dan
metode belajar dan pembelajaran
Pertemuan 2 : Pengertian dan prinsip belajar; Minat dan motivasi belajar;
Ragam kegiatan belajar
Pertemuan 3 : Pengertian dan prinsip mengajar; Kemampuan belajar
siswa; Ragam kondisi siswa dalam kegiatan mengajar
Pertemuan 4 : Pengertian kompetensi; Profesi guru; Profesional dan
profesionalisme guru.
Pertemuan 5 : Kompetensi profesi; Kompetensi pribadi; Kompetensi
sosial.
Pertemuan 6 : Peran guru sebagai demonstrator; Peran guru sebagai
pengelola kelas; Peran guru sebagai fasilitator
Pertemuan 7 : Peran guru sebagai evaluator; Peran guru sebagai
motivator.
Pertemuan 8 : Ujian Tengah Semester
Pertemuan 9 : Pengertian keterampilan dasar mengajar; Keterampilan
dasar mengajar yang wajib dikuasai.
Pertemuan 10: Keterampilan mengajukan pertanyaan dasar dan pelacak;
Strategi bertanya efektif.

Pertemuan 11: Pengertian metode karyawisata; Metode karyawisata dan
implementasinya.
Pertemuan 12: Macam-macam media pembelajaran; Keterampilan
menggunakan media pembelajaran.
Pertemuan 13: Sumber belajar; Ragam cara pemanfaatan sumber belajar.
Pertemuan 14: Observasi lapangan
Pertemuan 15: Pengolahan hasil observasi lapngan; Diskusi kelompok;
Pameran kelas.
Pertemuan 16: Ujian akhir semester

7. Referensi
Conny Semiawan dkk, (1983), Pendekatan Keterampilan Proses.
Joyce, (1967), Models of Teaching.
Killen, (1998), Effective Teaching Strategies.
Nasution, (1986), Didaktik Asas-Asas Mengajar.
Tilaar, (2000), Agenda Reformasi Pendidikan.
Uzer Usman, (1999), Menjadi Guru Profesional.
Vastenhouw, (1983), Metode Pengajaran Proyek.

Sumber dan Dokumen:
· Jurnal
· Internet

Dosen dapat dihubungi melalui:
Dr. Epon Ningrum, M.Pd.
Jl. Pasirhonje Cicaheum Telp. 08122011922

Tidak ada komentar:

Posting Komentar