Minggu, 07 Oktober 2012

Perencanaan Pembelajaran Geografi


Minggu, 12 Oktober 2008

SILABUS

1. Identitas mata kuliah
Mata Kuliah : Perencanaan Pembelajaran Geografi
Kode : GG 502
Jumlah sks : 2 sks
Semester : 4
Kelompok mata kuliah : MKDP
Jurusan/Program : Pendidikan Geografi/S1 
Status mata kuliah : Mata kuliah lanjut
Prasyarat : Telah lulus mata kuliah Landasan Pendidkan,
Perkembangan Peserta Didik, dan Pengelolaan
Pendidikan. 
Dosen : Drs. Asep Mulyadi, M.Pd/1393
Drs. Ahmad Yani, M.Si./1970 

2. Tujuan
Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki wawasan pengetahuan dan keterampilan dalam menyusun perencanaan pembelajaran yang baik dan benar sebagai bekal bagi para calon tenaga guru dan kependidikan yang handal dan profesional, melalui berbagai metode, model, dan pendekatan pembelajaran serta berbagai aspek yang menjadi tuntutan perencanaan pembelajaran.

3. Deskripsi
Matakuliah perencanaan pengajaran merupakan matakuliah lanjut bagi mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi S1 yang dirancang untuk memberi pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam menyusun perencanaan pembelajaran yang baik dan benar sesuai dengan panduan implementasi Kurikulum 2004 (KTSP). Lingkup teori yang diharapkan difahami mahasiswa antara lain prinsip dan konsep pembelajaran, pendekatan dan model pembelajaran, merumuskan tujuan, penyusunan skenario, dan evaluasi. Sedangkan keterampilan yang diharapkan dikuasai mahasiswa adalah menyusun suatu naskah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan praktek perbaikan proses pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas, penelitian pengembangan, dan kuasi eksperimen. 

4. Pendekatan pembelajaran 
Perkuliahan ini menggunakan pendekatan ekspositori, inkuiri, dan simulasi proses pembelajaran
a. Metode : ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemecahan masalah
b. Tugas : laporan buku, penyajian dan diskusi, dan penyusunan
Rencana pembelajaran
c. Media : LCD, OHP


5. Evaluasi
Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam:
a. kehadiran di kelas
b. partisipasi kegiatan kelas
c. membuat tugas sebagaimana yang diwajibkan.
d. UTS dan UAS

6. Rincian materi perkuliahan tiap pertemuan
Pertemuan 1 : Pengantar
Membahas silabus perkuliahan termasuk mengemukakan tentang tujuan, ruang lingkup, prosedur perkuliahan, penjelasan tentang tugas yang harus dilakukan mahasiswa, ujian yang harus diikuti termasuk jenis soal dan cara menyelesaikan/menjawab pertanyaan, dan sumber-sumber belajar. Selain itu akan diantarkan pula peranan dan fungsi matakuliah Perencanaan Pengajaran Geografi pada program studi/jurusan Pendidikan Geografi di UPI.
Pertemuan 2 : Pengertian & tujuan perencanan pengajaran geografi
Dalam pertemuan kedua dibahas tentang pengertian dan masalah pokok dalam perencanaan pengajaran. Dijelaskan pula tentang proses, jenis dan pentingnya perencanaan pengajaran.
Pertemuan 3 : Pendekatan pembelajaran geografi
Menguraikan tentang berbagai pendekatan dalam proses pembelajaran pada umumnya dan pembelajaran geografi pada khususnya. Materi ditekankan pada pengenalan tentang keragaman pendekatan pembelajaran yang berdampak pada strategi (atau model) pembelajaran, penggunaan metode, tehnik dan taktik pembelajaran. Pendekatan yang dikenalkan antra lain pendekatan sistem dalam pengajaran, pendekatan yang berfokus pada siswa, guru, masalah dan teknologi.
Pertemuan 4 : Model dan metode pembelajaran 
Materi diarahkan kepada pengenalan berbagai model dan metode pembelajaran yang digunakan untuk tujuan tertentu. Model yang diperkenalkan antara lain model pemrosesan informasi, sosial, pribadi dan perilaku. Metode yang dikenalkan antara lain metode ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan dan praktek lapangan.
Pertemuan 5 : Perumusan tujuan dalam perencanaan pembelajaran
Materi diarahkan kepada penguasaan peserta didik (mahasiswa) untuk mampu merumuskan tujuan pembelajaran yang baik.
Pertemuan 6 : Penyusunan skenario pembelajaran (1)
Materi diarahkan kepada penguasaan peserta didik (mahasiswa) untuk mampu menyusun skenario pembelajaran dengan baik sesuai dengan teori dan prinsip pembelajaran geografi.
Pertemuan 7 : Penyusunan skenario pembelajaran (2)
Lanjutan materi dari pertemuan ke-VI yaitu agar peserta didik (mahasiswa) mampu menyusun skenario pembelajaran dengan baik sesuai dengan teori dan prinsip pembelajaran geografi. Di akhir pertemuan siswa diberi tugas untuk menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai dengan format yang berlaku dalam kurikulum 2004 (KTSP)
Pertemuan 8 : Ujian Tengah Semester 
Pertemuan 9 : Perencanaan pemanfaatan bahan dan sumber belajar
Perkuliahan diarahkan pada cara untuk mengidentifikasi dan memanafaatkan sumber belajar. 
Pertemuan 10 : Perencanaan penyusunan evaluasi hasil pembelajaran
Dijelaskan tentang pengertian, fungsi & hakekat evaluasi pengajaran, serta penyusunan alat evaluasi pengajaran. Diperkenalkan tentang jenis dan bentuk alat ukur, prinsip-prinsip dasar dan langkah-langkah menyusun tes hasil belajar.
Pertemuan 11 : Praktek implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) I
Kegiatan diarahkan untuk memahami pentingnya manajemen waktu agar perencanaan pembelajaran dapat terlakasan dengan baik, teknik membuka dan menutup pembelajaran yang efektif, dan bentuk penugasan yang bermakna untuk materi berikutnya.
Pertemuan 12 : Praktek implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) II
Kegiatan diarahkan untuk memperbaiki skenario pembelajaran dan pemanfaatan sumber belajar.
Pertemuan 13 : Praktek implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) III
Kegiatan diarahkan untuk memperbaiki teknik evaluasi yang efektif di akhir proses pembelajaran dan penugasan
Pertemuan 14 : Teknik perbaikan proses pembelajaran I
Diperkenalkan tentang pengertian, fungsi, dan manfaat Penelitian Tindakan Kelas.
Pertemuan 15 : Teknik perbaikan proses pembelajaran II
Diperkenalkan tentang pengertian dan perbedaan antara penelitian pengembangan dan kuasi eksperimen untuk perbaikan kinerja pembelajaran.
Pertemuan 16 : Simulasi Perbaikan proses pembelajaran
Perkuliahan diarahkan untuk mempraktekkan perbedaan tiga teknik perbaikan kelas yaitu PTK, penelitian pengembangan dan kuasi eksperimen dan penyusunan laporannya.
Pertemuan 17 : Ujian Akhir Semester


7. Referensi
Anonim. (2003). Pendekatan Kontekstual. Jakarta. Departemen Pendidkan Nasional. 
Dikmenum, (1996). Metodologi Pembelajaran, Bahan Penataran untuk Guru SMU, Depdikbud.
Ellis, A.K. (1998). Teaching and Learning Elementary Social Studies. Sixth Edition. Allyn and Bacon. Boston, London, Toronto, Sydney, Tokyo, Singapore.
Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani, (2002). Strategi Pembelajaran Aktif di Perguruan Tinggi, Yogyakarta: CTSD, IAIN Sunan Kalijogo.
Nana Sudjana, (1989). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru.
Poedjiadi, A. (2005). Sains Teknologi Masyarakat. Bandung. Remaja Rosdakarya
Ratna Wilis Dahar, (1989). Teori-Teori Belajar, Jakarta: Erlangga.
Sukmadinata, N.S. (2004). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Kesuma Karya. Bandung.
Sumaatmadja, N. (1980). Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Penerbit Alumni. Bandung

Sumber dan Dokumen:
Jurnal : GEA (Jurusan Pendidikan Geografi)
EduTech (Jurusan Kurikulum dan Teknologi)
Jurnal Penelitian Lembaga Penelitian UPI
Internet : www.dikmenum.go.id dan www.puskur.net 

Dosen dapat dihubungi melalui:
1. di Jurusan Pendidikan Geografi FPIPS UPI 
2. melalui HP: 081802201231 (Drs. Asep Mulyadi, M.Pd).
08121427040 (Drs. Ahmad Yani, M.Si.)
Diposkan oleh geografi upi di 19:49 Tidak ada komentar: 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar